Tuesday, March 20, 2012

ULUMUL QUR'AN (Ayat Muhkam dan Ayat Mutasyabih)


Al-Qur’an adalah sebuah kitab suci yang menjadi landasan dasar hukum dan tuntunan hidup bagi orang islam. Jika orang islam mendapati suatu masalah, maka mereka akan mencari jawabannya di dalam Al-Qur’an. Perlu kita ketahui, bahwa ayat-ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an berbentuk lafadz, ungkapan, uslub yang berbeda-beda tetapi artinya tetap satu, sudah jelas maksudnya sehingga tidak menimbulkan kekeliruan bagi orang yang membacanya.
Di samping ayat yang sudah jelas tersebut, ada lagi ayat-ayat Al Qur’an yang bersifat umum dan samar-samar yang menimbulkan keraguan bagi yang membacanya sehingga ayat yang seperti ini menimbulkan ijtihad bagi mujtahid untuk dapat mengembalikan kepada makna yang jelas dan tegas.
Dari kedua pernyataan di atas, bahwa pada pernyataan ayat pertama, yang maksudnya sudah jelas itulah yang disebut dengan Muhkam. Sedangkan pada pernyataan ayat kedua, yang masih samar-samar maksudnya inilah yang disebut Mutasyabih. Kedua macam ayat inilah yang akan kami bahas pada makalah kami pada kesempatan kali ini.

0 komentar: