Sunday, March 18, 2012

PEMBELAJARAN ILMU TASAWUF DAN SPIRITUALITAS



A.      Pembelajaran Ilmu Tasawuf
1.                Pengertian Pembelajaran Ilmu Tasawuf
Sebelum penulis menjelaskan pengertian pembelajaran Ilmu Tasawuf terlebih dahulu penulis akan menguraikan tentang pembelajaran dan Ilmu Tasawuf secara umum.  
a.    Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar. Penggunaan istilah pembelajaran sebagai pengganti mengajar relatif baru. Penggunaan istilah ini mempunyai dasar yang kuat, yang menyangkut perubahan filosofi pendidikan yang lebih manusiawi.
Kata pembelajaran adalah terjemahan dari instruction, yang banyak dipakai dalam dunia pendidikan di Amerika Serikat. Istilah ini banyak dipengaruhi oleh aliran Psikologi Kognitif-Wholistik, yang menempatkan siswa sebagai sumber dari kegiatan.[1] Selain itu, istilah ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang dapat diasumsikan dapat mempermudah siswa mempelajari segala sesuatu lewat berbagai macam media.
Wina Sanjaya dalam bukunya yang berjudul Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi mengemukakan bahwa pembelajaran dapat diartikan sebagai proses pengaturan lingkungan yang diarahkan untuk mengubah perilaku siswa ke arah yang positif dan lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa.[2]  

 Makalah selengkapnya DOWNLOAD di sini 


[1] Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Prenada Media, 2006), h. 78.
[2] Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, h. 78

0 komentar: