Dalam proses belajar mengajar di
sekolah, observasi sangat diperlukan sebagai sarana meningkatkan diri bagi
semua lini di dalam sekolah. Bagi guru hal tersebut akan berguna untuk
mengetahui sudah sejauh mana perencanaan pembelajaran sudah dilakukan di kelas.
Bagi manajemen sekolah, dalam hal ini kepala sekolah sangat penting untuk
melakukan observasi sebagai rangkaian dalam menilai kinerja seorang guru.[1]
Dan bagi mahasiswa tarbiyah, observasi di sekolah tentunya akan sangat bermanfaat sekali guna mengetahui
secara langsung bagaimana proses pembelajaran yang ada di sekolah dan juga
melatih sikap kritis terhadap proses pembelajaran itu sendiri, apakah telah
sesuai kurikulum yang ada ataukah tidak.
Dan pada kesempatan ini, sebagaimana tugas dari dosen mata
kuliah Telaah Materi PAI maka kami telah mengobservasi satu kelas di sebuah
Madrasah Aliyah di Kota Pekalongan, yaitu MA Ribatul Muta’alimin.
Dalam melakukan observasi tersebut, kami mencatat
beberapa hal yang berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran diantaranya
adalah mengenai kesesuaian antara RPP dengan materi, kesesuaian RPP dengan
metode yang di gunakan, kesesuaian RPP dengan evaluasi, serta kesesuaian RPP
dengan kurikulum yang ada. Dan dalam laporan ini semua hal tersebut akan kami
bahas satu per satu.
Semoga observasi ini bermanfaat bagi pembaca pada
umumnya dan bagi penyusun khususnya. Saran dan kritik yang membangun sangat
kami harapkan demi kesempurnaan
observasi ini.
0 komentar:
Post a Comment