Thursday, March 8, 2012

OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MA RIBATUL MUTA’LIMIN KELAS X.1


Dalam proses belajar mengajar di sekolah, observasi sangat diperlukan sebagai sarana meningkatkan diri bagi semua lini di dalam sekolah. Bagi guru hal tersebut akan berguna untuk mengetahui sudah sejauh mana perencanaan pembelajaran sudah dilakukan di kelas. Bagi manajemen sekolah, dalam hal ini kepala sekolah sangat penting untuk melakukan observasi sebagai rangkaian dalam menilai kinerja seorang guru.[1] Dan bagi mahasiswa tarbiyah, observasi di sekolah tentunya  akan sangat bermanfaat sekali guna mengetahui secara langsung bagaimana proses pembelajaran yang ada di sekolah dan juga melatih sikap kritis terhadap proses pembelajaran itu sendiri, apakah telah sesuai kurikulum yang ada ataukah tidak.
Dan pada kesempatan ini, sebagaimana tugas dari dosen mata kuliah Telaah Materi PAI maka kami telah mengobservasi satu kelas di sebuah Madrasah Aliyah di Kota Pekalongan, yaitu MA Ribatul Muta’alimin.
Dalam melakukan observasi tersebut, kami mencatat beberapa hal yang berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran diantaranya adalah mengenai kesesuaian antara RPP dengan materi, kesesuaian RPP dengan metode yang di gunakan, kesesuaian RPP dengan evaluasi, serta kesesuaian RPP dengan kurikulum yang ada. Dan dalam laporan ini semua hal tersebut akan kami bahas satu per satu.
Semoga observasi ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penyusun khususnya. Saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan  demi kesempurnaan observasi ini.  


[1] Agusampurno, Guru Kreatif. Creative Teacher, http://guru kreatif.worldpress.com

0 komentar: