Tuesday, March 13, 2018

CONTOH PIDATO ANAK: "RASULULLAH SAW IDOLAKU"

Hadirin yang dimuliakan Allah!
            Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan hidayahNya kita bisa berkumpul bersama di majlis yang insyaallah penuh barokah ini.
            Sholawat serta salam semoga senantiasa kita haturkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang telah menerangi dunia ini dengan ilmu, yang telah memberikan suri tauladan bagi umatnya. Dan semoga kita semua mendapat syafa’at dari beliau fiddunya hattal akhirat.
Jama’ah….oh….. jama’ah….. Alhamdu..lillah……!
            Dalam kehidupan ini, kita sebagai manusia tentu mempunyai idola, betul?? Kalau anak-anak biasanya mengidolakan tokoh-tokoh kartun, seperti Superman, Batman, Naruto, dan  sebagainya. Ada lagi yang mengidolakan para penyanyi seperti Cowboy Junior, Smash, Cherrybell dan masih banyak lagi.
            Apakah anak-anak yang mengidolakan artis-artis itu salah?? Apakah anak-anak yang menyukai tokoh-tokoh film itu keliru??
            Kalau mereka hanya menyukai musiknya, kalau mereka sekedar menyukai lagunya itu tidak apa-apa, tapi kalau anak-anak itu sampai mengikuti tingkah laku atau perbuatan penyanyi tersebut, maka itulah yang berbahaya. Kenapa? Karena para penyanyi itu hanyalah manusia biasa yang bisa salah dan lupa.
Hadirin yang berbahagia!
            Lantas, siapakah sosok yang pantas untuk kita idolakan? Yang pantas untuk kita ikuti tingkah laku dan perbuatannya? Yang pantas untuk kita idolakan tidak lain adalah junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.
Mengapa kita harus mengidolakan beliau? Mengapa kita harus mengikuti ahlak beliau? Karena beliau Nabi Muhammad SAW mempunyai ahlak yang mulia, senantiasa jujur, perkataannya menyejukkan hati, senantiasa kasih sayang terhadap sesama.

 Sebagaimana firman Allah Swt.
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
 وانك لعلى خلق عظيم
“Sesungguhnya engkau (Muhammad) mempunyai ahlak yang agung”
Nabi Muhammad saw juga pernah bersabda:
انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق
“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan ahlak yang mulia”

Hadirin yang dimuliakan Allah!
Pernah pada suatu hari nabi saw. hendak ke menuju ka’bah, di tengah perjalanan Nabi Muhammad saw merasa ada yang tidak biasa. Ternyata pada hari itu nabi saw tidak menjumpai orang kafir quraisy yang biasa melempari beliau dengan kotoran, yang sering meludahi Nabi ketika beliau hendak menuju Ka’bah. Setelah Nabi saw bertanya ke para tetangga, ternyata si kafir quraisy tadi sedang sakit.
Setelah mendengar hal tersebut, apakah yang dilakukan oleh Nabi? Apakah Nabi merasa senang? Karena orang yang biasa melempari beliau ternyata sedang sakit?. Ternyata Nabi Muhammad saw malah ikut prihatin dan berniat untuk menjenguk si kafir quraisy tadi.
Ya... begitulah Nabi Muhammad saw mengajarkan pada umatnya. Beliau senantiasa mengajarkan pada kita agar jangan membalas keburukan dengan keburukan pula, akan tetapi balaslah perbuatan buruk dengan kebaikan.
Singkat cerita setelah Nabi Muhammad saw menjenguk si kafir quraisy tadi, maka orang quraisy tadi merasa bersalah dan memuji sifat mulia Rasulullah saw. Akhirnya ia pun masuk Islam dan mengakui Nabi Muhammad sebagai Utusan Allah swt.
Hadirin Rahimakumullah!
            Untuk menambah kecintaan kita pada Rasulullah saw, mari kita sejenak bersholawat
صلاة الله سلام الله على طه رسول الله
صلاة الله سلام الله على يس حبيب الله
Di TPQ menuntut ilmu
Didampingi ustadz ustadzahku
Mau tahu idolaku?
Nabi Muhammad lah sudah tentu

Nabi Muhammad panutan kita
Ahlak nya sungguh mulia
Kalau kamu cari idola
Pilihlah Nabi Muhammad saja

Kalau ada sumur di ladang
Boleh kah ku numpang mandi
Kalau ada umurku panjang
Boleh lah kita berjumpa lagi
           
            Demikian yang dapat kami sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan. Burung Irian burung Cendrawasih, Cukup sekian dan terima kasih.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

             

0 komentar: