A. Pendekatan dalam Pendidikan Islam.
Ada beberapa pendekatan yang dapat
digunakan dalam pendidikan Islam:
1.
Pendekatan
Pengalaman.
Pendekatan pengalaman yaitu
pemberian pengalaman keagamaan kepada siswa, dalam rangka penanaman nilai-nilai
keagamaan. Dengan pendekatan ini siswa diberi kesempatan untuk mendapatkan
pengalaman keagamaan baik secara individual maupun kelompok.
2. Pendekatan Pembiasaan.
Pembiasaan adalah suatu tingkah laku
tertentu yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih dahulu dan berlaku
begitu saja tanpa dipikirkan lagi. Dengan pembiasaan pendidikan memberikan
kesempatan kepada peserta didik terbiasa mengamalkan ajaran agamanya, baik
secara individual maupun secara berkelompok dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Pendekatan
Emosional.
Pendekatan emosional
adalah adalah usaha untuk menggugah perasaan dan emosi siswa dalam meyakini
ajaran Islam serta dapat merasakan mana yang baik mana yang buruk.
4.
Pendekatan
Rasional.
Pendekatan rasional
adalah suatu pendekatan mempergunakan rasio (akal) dalam memahami dan menerima
kebesaran kekuasaan Allah.
5.
Pendekatan
Fungsional.
Pengertian fungsional
adalah usaha memberikan materi agama menekankan kepada segi kemanfaatan bagi
siswa dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan tingkat perkembangannya.
6.
Pendekatan
keteladanan.
Pendekatan keteladanan
adalah memperlihatkan keteladanan, baik yang berlangsung melalui penciptaan
kondisi pergaulan yang akrab antara personal sekolah, perilaku pendidikan dan
tenaga pendidikan lain yang mencerminkan ahlaq terpuji, maupun yang tidak
langsung melalui suguhan ilustrasi berupa kisah-kisah keteladanan.
0 komentar:
Post a Comment