Thursday, March 8, 2012

KURIKULUM BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH


I.                   PENDAHULUAN

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi.
Dan karena Pendidikan Agama Islam tersebut bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadits yang kesemuanya menggunakan bahasa Arab, maka Pendidikan Bahasa Arab pun menjadi pelajaran yang sangat penting dan mutlak diperlukan untuk memahami Al-Quran dan Al-Hadits tersebut.
Meskipun kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah masih belum bisa diimplementasikan secara langsung untuk memahami Al-Quran dan Hadits, namun setidaknya dalam tahap ini peserta didik diharapkan mampu mengenal huruf hijaiyyah dan mempraktikan langsung dalam membaca ayat-ayat suci Al-Quran dengan baik dan benar.
Dan dalam makalah ini kami akan membahas mengenai kurikulum Bahasa Arab yang ada di Madrasah Ibtidaiyah, mulai dari ruang lingkup, tujuan, standar kompetensi lulusan (SKL) Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah, serta Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran tersebut



II.               PEMBAHASAN

A.    Ruang Lingkup

Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah meliputi tema-tema tentang perkenalan, peralatan madrasah, pekerjaan, alamat, keluarga, anggota badan, di rumah, di kebun, di madrasah, di laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari-hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.

B.     Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan  reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan  memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa  sebagai alat komunikasi  baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik. 

0 komentar: