I.
PENDAHULUAN
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah
terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak,
Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi.
Dan karena Pendidikan Agama Islam tersebut bersumber dari Al-Quran
dan Al-Hadits yang kesemuanya menggunakan bahasa Arab, maka Pendidikan Bahasa
Arab pun menjadi pelajaran yang sangat penting dan mutlak diperlukan untuk
memahami Al-Quran dan Al-Hadits tersebut.
Meskipun kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah masih belum
bisa diimplementasikan secara langsung untuk memahami Al-Quran dan Hadits,
namun setidaknya dalam tahap ini peserta didik diharapkan mampu mengenal huruf
hijaiyyah dan mempraktikan langsung dalam membaca ayat-ayat suci Al-Quran
dengan baik dan benar.
Dan dalam makalah ini kami akan
membahas mengenai kurikulum Bahasa Arab yang ada di Madrasah Ibtidaiyah, mulai
dari ruang lingkup, tujuan, standar
kompetensi lulusan (SKL) Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah, serta Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran tersebut
II.
PEMBAHASAN
A. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah meliputi tema-tema tentang
perkenalan, peralatan madrasah, pekerjaan, alamat, keluarga, anggota badan, di
rumah, di kebun, di madrasah, di laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam,
kegiatan sehari-hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.
B. Tujuan
Mata
pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan
sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami
pembicaraan orang lain dan memahami
bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan
berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting
dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan hadis, serta
kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
0 komentar:
Post a Comment