Salah satu sistem yang memungkinkan
proses pendidikan berlangsung secara konsisten dan berkesinambungan dalam
mencapai tujuannya adalah institusi atau lembaga pendidikan. Lingkungan
pendidikan merupakan institusi atau lembaga pendidikan di mana pendidikan itu
berlangsung. Selain itu, lingkungan pendidikan merupakan salah satu faktor
eksternal yang ikut berperan dalam
menciptakan prestasi belajar dalam proses kependidikan.
Dan dalam makalah ini kami akan
membahas hal tersebut lebih mendalam. Apa
yang dimaksud dengan lingkungan pendidikan? Apa sajakah yang termasuk
dalam lingkungan pendidikan? Serta bagaimana pengaruh lingkungan pendidikan
terhadap pendidikan itu sendiri?.
Semoga pemaparan dari kami dapat
bermanfaat, kritik dan saran sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah
kami.
A. Pengertian Lingkungan.
Dalam arti yang luas lingkungan mencakup iklim dan
geografis, tempat tinggal, adat istiadat , pengetahuan, pendidikan dan alam.
Dengan kata lain lingkungan ialah segala sesuatu yang tampak dan terdapat dalam
alam kehidupan yang senantiasa berkembang. Ia adalah seluruh yang ada, baik
manusia maupun benda buatan manusia, atau alam yang bergerak atau tidak
bergerak, kejadian-kejadian atau hal-hal yang mempunyai hubungan dengan dengan
seseorang.[1]
Sedangkan menurut Sartain, yang dimaksud dengan
lingkungan meliputi semua kondisi dalam dunia ini yang dengan cara-cara
tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan, atau life
proccess kita kecuali gen-gen.[2]
Dan
Zakiah Daradjat berpendapat, bahwa sejauh mana seseorang berhubungan dengan
lingkungaannya, sejauh itu pula terbuka peluang masuknya pengaruh pendidikan
kepadanya. Tetapi tidak selamanya keadaan tersebut bernilai pendidikan, karena
bisa saja malah merusak perkembangan seseorang.
0 komentar:
Post a Comment