A.
Penilaian
1.
Pengertian Penilaian
Penilaian (assessment) merupakan istilah yang umum dan mencakup semua metode
yang biasa dipakai untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa dengan cara
menilai unjuk kerja individu peserta didik atau kelompok.
Penilaian adalah penerapan berbagai
cara dan penggunaan berbagai alat. Penilaian untuk memperoleh berbagai ragam
informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau informasi
tentang ketercapaian kompetensi peserta didik. Proses penilaian ini bertujuan
untuk menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar
peserta didik.
Menurut Griffin dan Nix yang
dikutip oleh Mimin Haryati, penilaian adalah suatu pernyataan berdasarkan
sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu. Definisi
penilaian berhubungan erat dengan setiap bagian dari kegiatan belajar mengajar.
Ini menunjukkan bahwa penilaian tidak hanya menyangkut hasil belajar saja
tetapi juga menyangkut semua proses belajar dan mengajar.[1]
Menurut Sumarmo, Utari dan Hasan,
Hamid yang dikutip oleh Arnie Fajar, menyatakan bahwa assessment (penilaian hasil belajar) sebagai “proses sistematik
untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik”.
Dengan demikian assessment dapat diartikan sebagai
proses dalam pembelajaran yang dilakukan secara sistematis, digunakan untuk
mengungkap kemajuan siswa secara individu untuk menentukan pencapaian hasil
belajar dalam rangka pencapaian kurikulum.
[1] Mimin
Haryati, Sistem Penilaian Berbasis
Kompetensi, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007), h. 16.
0 komentar:
Post a Comment