Sunday, March 18, 2012

PENILAIAN, PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) DAN GURU



A.      Penilaian
1.      Pengertian Penilaian
Penilaian (assessment) merupakan istilah yang umum dan mencakup semua metode yang biasa dipakai untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa dengan cara menilai unjuk kerja individu peserta didik atau kelompok.
Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan berbagai alat. Penilaian untuk memperoleh berbagai ragam informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau informasi tentang ketercapaian kompetensi peserta didik. Proses penilaian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar peserta didik.
Menurut Griffin dan Nix yang dikutip oleh Mimin Haryati, penilaian adalah suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu. Definisi penilaian berhubungan erat dengan setiap bagian dari kegiatan belajar mengajar. Ini menunjukkan bahwa penilaian tidak hanya menyangkut hasil belajar saja tetapi juga menyangkut semua proses belajar dan mengajar.[1]
Menurut Sumarmo, Utari dan Hasan, Hamid yang dikutip oleh Arnie Fajar, menyatakan bahwa assessment (penilaian hasil belajar) sebagai “proses sistematik untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik”.
Dengan demikian assessment dapat diartikan sebagai proses dalam pembelajaran yang dilakukan secara sistematis, digunakan untuk mengungkap kemajuan siswa secara individu untuk menentukan pencapaian hasil belajar dalam rangka pencapaian kurikulum.



[1] Mimin Haryati, Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007), h. 16.

0 komentar: