Sunday, March 18, 2012

STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM



 
A.    Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis, tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu tergantung pada kemampuan mereka dalam mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar perusahaan berjalan lancar. Untuk berhasil pemasaran harus memaksimalkan penjualan yang menghasilkan laba dalam jangka panjang. Jadi pelanggan harus benar-benar merasa kebutuhannya dipenuhi agar supaya perusahaan memperoleh kesinambungan usaha yang sangat penting bagi perusahaan. 

Philip Kotler menyatakan pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan individu-individu 
 maupun kelompok-kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan yang mereka inginkan 
dengan menciptakan dan mempertemukan produk-produk. Menurut definisi tersebut, Philip Kotler menggunakan istilah kebutuhan/keinginan, permintaan produk, pertukaran, transaksi dan pasar. Pengertiannya adalah mula-mula manusia harus menemukan kebutuhan terlebih dahulu kemudian berusaha untuk memenuhinya dengan cara mengadakan hubungan.

0 komentar: