Tuesday, March 6, 2012

ABORSI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM



Salah satu problem serius yang dihadapi masyarakat adalah aborsi. Isu aborsi memang merupakan isu yang kontroversial, khususnya bagi kalangan yang mengaitkan dengan nilai-nilai moral. Hal ini disebabkan karena aborsi sering diasumsikan hanya pada kasus-kasus kehamilan diluar nikah.
Aborsi tidak melulu karena alasan kesehatan atau penyakit yang diderita oleh seorang perempuan. Aborsi juga identik dengan kehamilan yang tidak diinginkan. Kehamilan yang tidak diinginkan itu antara lain disebabkan karena pemerkosaan dan hamil diluar nikah.
Perempuan yang mengalami kehamilan yang tidak dikehendaki mengalami berbagai emosi seperti rasa panik, rasa malu, rasa takut yang semuanya bercampur dalam dirinya. Disini perempuan mengalami dilema. Dilema aborsi dihadapi perempuan ketika perlu memilih dan memutuskan sesuatu yang secara langsung merupakan bagian dari dirinya. Pilihan seseorang perempuan dipengaruhi oleh kondisi pribadi dan keluarganya, nilai-nilai agama dan budaya. Disamping itu pandangan tentang aborsi adalah sesuatu yang beragam dan perdebatan pro dan kontra yang masih terus bergulir tentang aborsi adalah sesuatu yang kongkret harus dihadapi perempuan, bahkan seringkali harus dihadapi seorang diri.
Tidak sedikit perempuan memilih aborsi terpaksa harus mempertaruhkan nyawanya karena melakukan aborsi tak aman, yang dilakukan bukan oleh ahlinya dan tanpa standar operasional prosedur kesehatan, serta menghiraukan kesehatan alat reproduksi perempuan.
Beranjak dari uraian di atas, maka dalam makalah ini dibahas tentang aborsi menurut pandangan Islam. 

0 komentar: