Wednesday, April 4, 2012

METODE STUDI ISLAM


Studi Islam adalah salah satu studi yang mendapaat perhatian dikalangan ilmuwan. Studi islam mulai banyak dikaji oleh para peminat studi agama dan studi – studi lainya. Islam tdak lagi dipahami  hanya dalam pengertian historis dan doktriner,tetapi telah menjadi fenomena yang kompleks. Islam tidak hanya terdiri dari rangkaian petunjuk formal. Islam telah menjadi sebuah sistem budaya, peradaban, komunitas politik, ekonomi dan bagian dari perkembangan dunia.
            Sejumlah peneliti harus mengunakan sejumlah model, dari sumber manapun yang dalam bahasa ramsey model-model itu “ membongkar “ realitas yang dimaksudkan.beberapa model lebih tepat dari yang lainnya dan bahwa semuanya merupakan model yang dapat diterapkan.
Misalnya :
·         Model konfrontasi  mungkin lebih menolong dalam mengambarkan kebenaran agama.
·         Falidasi teori model berasal dari kesesuaiannya dengan kata lain didalam komuniitas hidayahatau ilmiyah dan tidak dikomunitas agama itu sendiri

Analisis ini menunjukkan bahwa agama mempunyai kekayaan dan farietas yang dapat menafsirkan.
Dalam level yang jelas secara sederhana dapat berarti “ seluruh dunia “ yang mengimplikasikan bahwa studi Agama harys mencangkup semua agama-agama dan bukan hanya agama dari wilayah-wilayah tertentu. Pendekatan-pendekatan studi agama yang lain keseluruh konteks yang secara implisit bersifat mencangkup sseluruh planet yang kita huni. Pada level yang lian, ide-ide konteks “ mengimplikasikan adanya kebutuhan mengambil secara serius pandandngan dan kajian kesarjanaan dari berbagai dunia yang lain, sehingga studi agama dapat menjadi global dan tidak hanya bersifat barat dalam sudut pandanganny.

 Makalah selengkapnya DOWNLOAD di sini

0 komentar: