Tuesday, February 28, 2012

ALIRAN PERENIALISME DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN



Di zaman modern ini, banyak bermunculan krisis di berbagai bidang kehidupan manusia, terutama di bidang pendidikan. Dan sebagai manusia yang mempunyai akal pikiran kita dituntut untuk mampu memecahkan berbagai problematika kehidupan ini, baik problematika yang berupa krisis seperti saat ini ataupun problematika untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang.
Dan berbagai teoripun bermunculan, sebagai jawaban dari manusia dalam memecahkan berbagai problem atau krisis yang kompleks ini terlebih krisis dalam dunia pendidikan. Seperti teori yang diungkapkan oleh para penganut aliran filsafat perenialisme, yang mana menurut mereka perenialisme memberikan jalan keluar dan dianggap cukup ideal dan teruji ketangguhannya.
Lantas apa sebenarnya perenialisme itu sendiri? Apa yang melatar belakangi munculnya aliran ini? Bagaimana pandangan ontologi, epistimologi, dan aksiologi perenialisme? Serta bagaimana pandangan perenialisme sendiri terhadap pendidikan?
Pertanyaan-pertanyaan di atas akan kami coba bahas dalam makalah kami yang berjudul “Aliran Perenialisme Dalam Filsafat Pendidikan” ini. semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. 

0 komentar: